Rabu, 02 September 2009

SMK
SMK Adalah Sekolah Menengah Kejuruan
Pemerintah Sekarang sangat mendukung keberadaan SMK yang di harapkan hasil lulusan SMK dapat menciptakan Lapangan Kerja sendiri ,bukti pemerintah mendukung program pendidikan adalah banyaknya bantuan pemerintah terhadap Sekolah ini dengan berbagai macam bantuan.
sebagai masyarakat dan bangsa indonesia tentu mempunyai rasa bangga terhadap perhatian pemerintah terhadap pendidikan dan masyarakat dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
di sini penulis selaku pendidik tentunya sangat berterima kasih atas perhatian pemerintah republik indonesia
dengan tulisan ini hendaklah kita melihat pada kenyataannya,kenyataan dilapangan yang terjadi justru terjadi sebaliknya,dengan banyaknya bantuan pemerintah ke dunia pendidikan SMK para birokrat juga berlomba-lomba untuk mendapatkan dana tersebut yaitu dengan menggelapkan bantuan-bantuan tersebut bukan saja dana yang diperuntukan untuk sekolah,siswa bahkan untuk gurupun masih ada yang ingin ngembat
untuk itu saya selaku pendidik sangat prihatin atas kejadian ini,tentu saja perilaku yang tidak baik dari aparat kita yang mempunyai kebiasaan buruk sehingga program pemerintah yang sangat bagus tersebut berkesan hanyalah slogan belaka.
untuk itu penulis menghimbau kepada pemerintah pusat untuk dapat melaksanakan kontrol terhadap sekolah yang menerima bantuan karna uang yang diterima sekolah sampai di sekolah uang bantuan tersebut akan hilang tak berbekas sehingga sasaran yang diharapkan tidak tercapai sesuai dengan yang diharapkan masyarakat.
Sampai saat ini SMK yang diharapkan pemerintah tidak akan tercapai bahkan hasil lulusan kwalitasnya jauh lebih rendah dari lulusan SMA hal ini di sebabkan karena pelajaran di SMK jauh lebih rendah dari SMA, bahkan pelajaran produktifnya sangat minim sekali yaitu kurang dari 15 persen dari seluruh pelajaran, belum lagi sarana prasarana yang tidak memadai akibat uang bantuan yang telah di ambil duluan oleh para pejabat terkait.
dari sini dapat kita tarik kesimpulan :
1. semua bantuan sekolah negri sampai ke siswa
2. mata pelajaran produktif sangat minim di SMK,dibandingkan di universitas dimana mata pelajaran tekniknya cukup banyak akan tetapi masih mempunyai kualitas yang minim apalagi SMK
3. Di SMK Negri jumlah guru produktifnya sangat minim dan kurang dihargai di bandingkan guru produktif
4. Pimpinan SMK hendaknya dipimpin oleh orang kejuruan sehingga lebih memahami lingkungan kejuruan.
5. Lingkungan dinas pendidikan hendaknya dari orang kependidikan sehingga lebih bertanggung jawab terhadap jabatan yang ia pimpin.